Monday, February 18, 2013

Siapa Sangka, Bali Punya Taman Nasional yang Cantik

detikTravel Community -

Di bagian barat Pulau Dewata, ada Taman Nasional Bali Barat. Taman nasional ini dihuni oleh banyak satwa liar, seperti rusa, jalak Bali, kera, dan lainnya. Pantainya pun bersih dan eksotis!

Taman Nasional Bali Barat terletak di Kabupaten Buleleng dan Jembrana. Bosan dengan kemacetan di Kuta, akhirnya saya memilih untuk pergi ke kawasan barat Bali. Tepatnya ke Taman Nasional Bali Barat yang belum ramai oleh wisatawan. Di sana suasananya sepi dan masih alami. Inilah yang saya cari!

4 Jam perjalanan dari arah kuta, akhirnya saya sampai di Pelabuhan Lalang. Pelabuhan ini adalah tempat menyeberang ke resor yang sudah saya pesan. Kapal pun sudah menunggu saya untuk mengunjungi eksotisnya pantai di kawasan Taman Nasional Bali Barat ini. Saya lalu menyebrang selama 20 menit dan tibalah di dermaga resor yang cantik.

Setelah check ini dan menaruh barang, saya langsung memulai aktifitas pertama yaitu snorkeling. Pantai di sini sangat cantik, karena terlihat terumbu karang dan ikan laut dari atas permukaan. Saya pun menyebyurkan diri dan bermain bersama ikannya. Setelah itu, saya bermain di pinggir pantai sambil menunggu sunset yang cantik di balik bukit.

Pagi hari, kamar saya disambut oleh pancaran sunrise dan satwa-satwa yang berkeliaran. Ada kera hitam dan kera lainnya yang bergelantungan di atas pohon, serta aneka burung yang berkicau. Rusa pun mencari makan dengan berkeliaran di sekitar pantai. Pemandangan yang indah!

Selanjutnya, saya pergi diving di sekitar Pulau Menjangan yang lokasinya tidak jauh dari resor ini. Diving di pagi hari sangat bagus, karena daya pandang atau visibility masih sangat bagus. Air lautnya pun jernih dan gelombang air lautnya juga tenang di sini.

Ditemani pemandu dari resor, akhirnya saya tiba di Pulau Menjangan. Benar-benar luar biasa diving di sini. Tidak percaya, silakan buktikan sendiri! Saya yakin Anda akan sependapat dengan saya, alam bawah laut di kawasan ini memang luar biasa indahnya.